Sejarah Desa Lenggang


Desa Lenggang terbentuk berdasarkan pemekaran Desa Gantung yang terbentuk pada tanggal 27 Nopember 2008. Nama Desa Lenggang itu sendiri diambil dari nama seekor ikan, yaitu ikan linggang, yang merupakan sejenis ikan lele, yang dapat di lihat dari berkelok-keloknya sungai lenggang tersebut.

Sungai Desa Lenggang itu termasuk sungai terpanjang di Pulau Belitung.

Luas Desa Lenggang mencapai 3.800 ha yang terdiri dari 4 (Empat) Dusun dan 23 (Dua puluh tiga) Rukun Tetangga.

Batas wilayah dari Desa Lenggang itu sendiri, terletak pada :

  • Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Gantung

  • Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Lintang

  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Gantung

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Selingsing

Bendungan yang lazim disebut “PICE” oleh masyarakat setempat diambil dari nama “Sir Vance”, yaitu seorang Insinyur Arsitek Belanda yang membangunnya, merupakan sebuah bangunan peninggalan sejarah yang terletak dibagian hulu sungai Lenggang Kota Gantung. Bendungan yang tidak kurang dari 50 meter panjangnya ini dibangun pada tahun 1936-1939. Mempunyai 16 pintu dengan ukuran 2,5 meter dari tiap pintunya. Dari sinilah air terjun dengan ketinggian 10 meter.

Dulu pada masa penambangan timah masih diusahakan oleh perusahaan milik Belanda (GMB), Bendungan tersebut berfungsi sebagai alat pengatur tinggi rendahnya permukaan air guna mempermudah sistem kerja kapal keruk melakukan eksplorasi timah.

Desa Lenggang juga merupakan sebuah desa yang diangkat melalui cerita novel Laskar Pelangi , karena sebagian besar isi dari cerita yang ada pada novel tersebut berasal dari Desa Lenggang, yang mana penulisnyaadalah berasal dari Desa Lenggang.

 Sampai saat ini terdapat beberapa bangunan peninggalan dari zaman pemerintahan Belanda dan peningglan dari PT. Timah . Mayoritas penduduk yang ada pada Desa Lenggang ini terdapat etnis melayu, tionghua, bugis, Madura dan jawa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s