Program Strategi


  • 1. Mengadakan even-even besar untuk menarik perhatian pihak luar dalam rangka mempromosikan Desa Lenggang menjadi tujuan wisata

Festival Laskar Pelangi, November 2010

  • 2. Program sadar reklamasi Terhadap lahan kritis eks tambang, Pemerintah desa lenggang membuat program “sadar reklamasi” utk lahan2 kritis eks.tambang. Selama ini lahan tambang rakyat setelah ditambang ditinggalkan dan menjadi lahan kritis/lahan tandus. Atas dasar ini lah pemerintah desa lenggang membuat program sadar reklamasi ini. Dengan langkah awal..memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat tambang akan pentingnya reklamasi,karena selama ini reklamasi   dilakukan oleh pihak ketiga sehingga tidak ada rasa tg.jwb dan rasa memiliki oleh masyarakat terhadap lahan yg sdh di reklamasi. Apabila dilahan yg sudah direklamasi masih terdapat
  • kandungan timah, lahan tersebut akan dikelola lagi oleh masyarakat yg pada akhirnya lahan yg direklamasi akan kembali lagi menjadi lahan tambang. Namun dgn program reklamasi yg diluncurkan oleh pemerintah desa lenggang awal februari 2011 sdh terlihat perkembangan dan minat masyarakat dengan permintaan bibit yg sdh mencapai 10.000 bibit pohon sengon. Kenapa di pilih pohon sengon, pohon sengon sangat cocok utk lahan kritis dan mempunyai nilai ekonomis utk masyarakat serta mempunyai waktu yg sangat singkat sampai saat dipanen (3 s/d 5 thn). Daun2 sengon yg jatuh k tanah akan menjadi pupuk utk menyuburkan tanah. Program ini dijalankan  bekerja sama dgn distanhut dan pertanian kab.beltim sebagai penyedia bibit. Yg selama ini bibit2 dari dinas banyak diberikan kepada kelompok perkebunan. Namun dgn adanya program sadar reklamasi ini, bibit2 tsb diberikan kepada masyarakat penambang. Yang menjadi daya tarik masyarakat dgn prog ini adalah…pohon sengon yg ditanam di lahan eks.tambang menjadi milik masyarakat, pemerintah desa akan memetakan dan membuat surat keterangan tentang kepemilikan pohon namun bukan kepemilikan lahan, sehingga pada saat panen..,itu semua milik masyarakat.  Sehingga dari tawaran seperti ini program sadar reklamasi dapat berjalan di desa lenggang. Dan saat ini kebutuhan terhadap papan/kayu di p. Belitung sangat tinggi namun sulit bahan bakunya..pahan cetak saja sudah mencapai 2. 000.000/m2.  Kalaupun tidak ada pabrik yg akan membeli kayu sengon dari masyarakat, kebutuhan lokal pun masih belum mencukupi, dan selain itu diharapkan program sadar reklamasi ini dapat di ikuti oleh tempat lain untuk mengembalikan lingkungan yang asri.

KADES Lenggang melihat dan Mengatur Pembagian bibit sengon kewarganya    KADES Lenggang melihat dan Mengatur Pembagian bibit sengon kewarganya

   KADES Lenggang melihat dan Mengatur Pembagian bibit sengon kewarganya

  • 3. Pengembangan ternak Kambing Etawa (Kambing Perah)

Kunjungan Menteri Perdagangan 

Kunjungan Menteri Perdagangan Kunjungan Menteri Perdagangan    Kunjungan Menteri Perdagangan  Kunjungan Menteri Perdagangan

Kunjungan Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar Rabu (01/06/2011) dalam rangka peresmian pasar modern Lipat Kajang Manggar dan berkunjung ke  Desa Lenggang untuk melihat Perternakan kambing ETAWA .

  • 4. Pengembangan beberapa areal untuk pemukiman perkebunan kelompok rakyat, peternakan kelompok rakyat, pengembangan areal untuk industri, kawasan wisata dan jasa.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s